Tingkatkan Budaya Literasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSurabaya Gelar Pelatihan Kepenulisan Jurnal

      Academia –Senin, 26 Februari 2018  telah dilaksanakan Pelatihan kepenulisan jurnal, acara tersebut diprakarsai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSurabaya, yang bertempat di Auditorium Gedung G lantai 6. Dimana acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) yaitu ibu Endah Hendarwati, S.E, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan “bahwa tujuan diadakannya pelatihan kepenulisan jurnal tersebut tidak lain adalah untuk meningkatkan mutu intelektual khususnya dalam bidang literasi dilingkungan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP)”.

Peserta dari kegiatan ini adalah Dosen dan Jajaran pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) , Ikatan mahasiswa muhamamdiyah (IMM) serta HimpunanMahasiswa Jurusan (HMJ)  dilingkukan Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) UMSurabaya. Acara yang bertemakan “Kiat Menembus Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional” tersebut di isi oleh narasumber yang berkompeten dan ahli dibidangnya, yaitu Bapak Erwin Akib, S.Pd, M.Pd, Ph,D. Seorang Dekan muda Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) UnisMu Makasar. Sudah banyak jurnal yang telah ditulis oleh beliau entah nasional maupun internasional. Menurut penuturan Bapak Erwin, salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi adalah melalui peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi. “Hingga tahun 2016 total publikasi Indonesia di Jurnal Nasional maupun  Internasional mencapai angka 42.138,” ujarnya. Menurutnya angka tersebut masih terbilang kecil mengingat jumlah Universitas yang ada di Indonesia berjumlah 3.300.

Pada kesempatan ini, Bapak Erwin mengupas tuntas trik dan teknik belajar menulis jurnal internasional dan menceritakan berbagi pengalamannya menjadi seorang penulis berkaliber internasional. Dimana didalam diri seorang penulis harus ditanamkan terlebih dahulu kemauan menulis yang kuat, memotivasi diri sendiri untuk tetap konsisten dalam menulis, selalau berusahan untuk meningkatkan pengetahuan diri, serta  yang terakhir adalah memiliki kemampuan. Selain itu teknik penulisan artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal ilmiah biasanya disusun dari laporan penelitian, laporan percobaan, laporan penemuan ataupun laporan perenungan akademik  seorang peneliti. Serta bahasa yang digunakan dalam artikel ilmiah tentu harus ilmiah, tidak sama dengan bahasa dalam artikel umum. Tidak hanya itu yang tak kalah penting adalah orisinalitas tulisan, tema yang menarik, aktualitas informasi. Artikel ilmiah yang hendak dimuat dalam jurnal terakreditasi harus benar-benar dapat di pahami sebagai tulisan khusus, sekaligus mampu menunjukkan kelayakan untuk dimuat di dalam jurnal internasional. (imoo)

 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

%d bloggers like this: